IBADAH HAJI DAN KEWAJIBAN SEGERA MELAKSANAKANNYA

ka'bah

Ibadah haji  merupakan salah satu rukun Islam yang harus dilaksanakan sesegera mungkin  oleh semua kaum muslimin yang telah memiliki kesanggupan. Allah Swt. Berfirman ; Menunaikan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah,yaitu(bagi) orang yang mampu mengadakan perjalanan menuju Baitullah. Dan barangsiapa yang mengingkari (kewajiban haji)maka sesungguhnya Allah maha kaya (tidak membutuhkan sesuatu)dari semesta alam (Q.S. Ali Imran ; 97)

Kholifah Umar bin Khotob ra berkata; Aku bertekad mengutus beberapa orang menuju wilayah-wilayah ini untuk meneliti siapa yang memiliki kecukupan harta, namun tidak menunaikan haji, agar diwajibkan atas mereka membayar jizyah. Mereka bukan muslim,mereka bukan muslim.

Ali bin Abi Tholib berkata; Barangsiapa berkemampuan menunaikan haji lalu ia tidak menunaikannya,maka terserah baginya memilih mati dalam keadaan beragama Yahudi atau Nasrani.

Bagi orang yang belum haji,sementara mampu menunaikannya, ia wajib segera menunaikannya, sebab kita tidak tahu apa yang bakal terjadi pada diri kita. Rasulullah  Saw bersabda ; Bersegerahlah kalian menunaikan haji,yakni haji wajib,karena sesungguhnya di antara kalian tidak tahu apa yang akan terjadi padanya. (H.R. Ahmad bin Hanbal)

Rasulullah juga bersabda;  Wahai umat manusia, sesungguhnya Allah mewajibkan haji atas kalian, maka laksanakanlah haji. (H.R. Muslim)

Haji dan Umrah hanya diwajibkan sekali dalam seumur hidup,sebagaimana sabda Rasulullah Saw. Dalam hadits shahih;  Haji itu hanya sekali (wajibnya). Barang siapa menambahnya (melakukan lebih dari sekali) maka itu adalah merupakan tathowwu’ (amalan sunnah atas kerelaan).

Disunnahkan bagi kaum muslimin untuk melakukan haji dan umrah sebagai amalan tathowwu’, sebagaimana sabda Rasulullah Saw. ; Dari Abi Hurairah Ra ia berkata; Rasulullah Saw bersabda;  Umrah ke Umrah berikutnya adalah menutupi(kafarat) kesalahan-kesalahan yang terjadi antara keduanya. Dan haji yang mabrur itu imbalannya tiada lain adalah surge (H.R. Bukhori dan Muslim)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s