Tentang Ibu di Hari Ibu

Hari ini 22 Desember merupakan peringatan hari Ibu bagi masyarakat Indonesia. Selain melaksanakan perintah Alllah SWT kita juga diwajibkan menuruti perintah orang tua. Ibu merupakan sosok yang penuh kasih sayang, ibu memberikan kasih sayang yang tulus kepada anak-anaknya dan menginginkan anaknya menjadi anak yang sholeh dan sholehah. Mengandung sembilan bulan dan menyusui anaknya 2 tahun tanpa rasa lelah walau harus keluar keringat maupun darah.

kasih-ibukasih-sayang-2

sumber gambar : http://septi-bello.blogspot.com/2012/05/berbakti-kepada-orang-tua.html

Berikut petikan surat Al Luqman ayat 14

حَمَلَتْهُ أُمُّهُ وَهْنًا عَلَى وَهْنٍ وَفِصَالُهُ فِي عَامَيْنِ أَنِ اشْكُرْ لِي وَلِوَالِدَيْكَ إِلَيَّ الْمَصِير

Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah- tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepadaKu dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.  (QS. Luqman 14)

Dari ayat diatas dintyatakan bahwa kita harus berbuat baik kepada ibu karena itu perintah yang langsung di firman kan oleh Allah Swt.

إِحْسَانًا حَمَلَتْهُ أُمُّهُ كُرْهًا وَوَضَعَتْهُ كُرْهًا وَحَمْلُهُ وَفِصَالُهُ ثَلَاثُونَ شَهْرًا حَتَّى إِذَا بَلَغَ أَشُدَّهُ وَبَلَغَ أَرْبَعِينَ سَنَةً

Artinya : Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada dua orang ibu bapaknya, ibunya mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Mengandungnya sampai menyapihnya adalah tiga puluh bulan, sehingga apabila dia telah dewasa dan umurnya sampai empat puluh tahun (QS, Al-Ahqaf 15)

Sayangilah ibu kalian seperti ibu menyangimu. Sesungguhnya perbuatan baik terhadap ibu adalah sebuah pahala.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s