RISALAH AS-SYURA

“ Mengetuk pintu surga dengan puasa as-syura “

Ust. Abu Ayyasy, MA

 

Islam adalah sebagai agama universal, yang mengajarkan berbagai hal kepada kita atas seluruh aspek kehidupan dunia dan akhirat, selain itu juga islam selalu mengajarkan nilai-nilai kebaikan pada umatnya, sebagai mana islam mengajarkan untuk selalu memberikan pahala ( imbalan ) kepada seseorang yang berbuat baik atau beramal sholeh. Sungguh beruntung umat islam, mereka hanya tinggal memanfaatkan program-program untuk memborong pahala atau agenda-agenda pengampunan dosa, yang telah Allah SWT programkan melalui kitab suci al-qur’an juga hadits-hadits dari baginda Rasulullah SAW. program-program tersebut sudah terjadwal dan bersifat rutin, ada yang sifatnya harian, seperti shalat dhuha, tahajud. ada juga yang mingguan seperti shaum sunah, shalat jum’at juga tahunan seperti Haji, Umrah dll.

Namun sayang sebagian besar umat islam banyak melupakan program-program yang Allah berikan ini, mereka lebih disibukan dengan urusan dunia, sehingga yang terfikir di kepalanya hanyalah agenda-agenda bagaimana mengumpulkan dunia sebanyak-banyaknya. Maaf bukan berarti kita menapikan dunia, tapi mari kita seimbangkan antara agenda dunia kita dengan agenda-agenda Allah, seperti yang Allah kehendaki dalam firmanya : “ carilah kebahagiaan akhiratmu dan tidak melupakan duniamu “.

Salah satu program yang Allah tawarkan kepada kita saat ini ( bulan Muharrom ) adalah puasa as-syura yaitu puasa pada hari kesepuluh ( tanggal 10 ) muharram, Rasulullah selalu menjalankan puasa ini ketika beliau masih hidup, beliau memerintahkan kepada keluarga juga para sahabat, Rasulullah juga berpesan untuk berpuasa di tanggal sembilan bulan muharam. Beliau bersabda, Artinya :

“ insya Allah tahun depan aku akan berpuasa pada tanggal sembilan”.( HR Muslim )

KEUTAMAAN PUASA AS-SYURA

Setiap program yang Allah tawarkan kepada kita, selalu mempunyai keutamaan-keutamaan khusus, adapun keutamaan puasa as-syura adalah dapat menghapus dosa-dosa setahun yang lalu, sebagaimana sabdanya, Yang artinya :

“…..dan puasa pada hari kesepuluh dibulan muharam dapat menghapus dosa-dosa setahun yang lalu” ( HR. muslim )

Subhanallah…………..! begitu besar kasih sayang Allah terhadap ummatnya, Dia maha tahu bahwa ummatnya akan banyak melakukan dosa dan melupakan taubat juga istighfar, lalau Dia pun memberikan program-program yang dapat menghapus dosa-dosa tersebut, tanpa membebani kita sebagai umatnya.

KETUKLAH PINTU SURGAMU

Pintu-pintu surga selamanya akan tetap tertutup bilamana tidak kita mengetuk dan membukanya, maka mari kita ketuk dan buka pintu-pintu surga dengan puasa as-syura, manfaatkanlah kesempatan berharga yang Allah anugrahkan ini, karena kita tidak tahu apakah kita akan bisa berjumpa lagi dengan muharam tahun depan? Atau sebaliknya….?, karena kita sadar betul bahwa malaikat maut selalu berada dibelakang kita, mereka siap kapan saja dan dimana saja mencabut nyawa kita, hanya tinggal menunggu perintah Allah.

Semoga kita semua diberikan kemudahan, untuk selalu bisa melaksanakan program-program Allah SWT, guna mengetuk pintu-pintu surga Allah dari berbagai arah, semoga Allah membukakan pintu-pintu surga untuk kita semua, sehingga kita dapat memasuki surga-surga yang luasnya antara langit dan bumi yang didalamnya terdapat puncak kenikmatan.

Wallahu A’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s