CARA MENDAPATKAN KEBAHAGIAAN

Puji dan syukur kita panjatkan pada Allah Rabbul ghafur, shalawat dan salam kita sanjungkan untuk pahlawan pembwa agama yang syumul, dengan budi pekerti  yang luhur, tak lupa pula pada keluarga dan para sahabat yang setia padanya.

Hadirin rahimakumullah

Allah SWT berfirman dalam surat attaubah ayat 20 yang artinya : orang-orang yang beriman dan berhijrah, berjihad di jalan Allah dengan harta dan jiwanya mereka akan mendapatkan pahala yang agung dan mereka termasuk orang-orang yang beruntung.

Ayat ini menjelaskan kepada kita tentang sebab-sebab bagaimana cara mendapatkan kebahagiaan, diantaranya adalah orang-orang yang beriman,  yang meninggalkan keburukan menuju kebaikan, yang berjuang di jalan Allah baik dengan harta mupun dengan jiwa.

Ketiga point ini sangat berkaitan erat sehingga tidak bisa kita tinggalkan salah satunya, namun harus utuh ketiganya.

Yang pertama adalah iman, jelas bahwa iman adalah instrument yang sangat penting bagi kelangsungn kebahagiaan seseorang atau bisa disebut dengan pondasi.

Yang kedua hijrah dengan arti yang luas, baik hakiki ataupun maknawi, makna hakiki adalah perang angkat senjata melawan musuh islam dan Negara, arti maknawi yaitu meninggalkan perilaku jahiliyah menuju perilaku islami, dengan ini akan tercipta akhlaq yang baik sebagai tiang islam, sesuai dengan tujuan diutusnya Rasulullah yaitu menyempurnakan akhlaq

Yang ketiga adalah berjuang dijalan Allah,ini tidak kalah pentingnya dari dua point diatas bahkan iman dan hijrah tanpa jihad atau berjuang dijalan Allah tidak akan pernah terwujud.

Hadirin rahimakumullah…

Jihad atau berjuang dijalan Allah mempunyai arti yang sangat luas, karena intinya adalah menegakan kalimah Allah, janganlah seperti sebagian kelompok yang memaknai jihad dengan arti yang sempit akhirnya memunculkan kesan bahwa islam agama yang keras, teroris dan tidak kenal kompromi.

Kita sebagai penerus dakwah rasulullah, harus memaknai jihad seperti Rasulullah telah mamahaminya. Jihad mempunyai beberapa makna :

  1. Jihad qitali jihad memerangi musuh-musuh Allah dengan senjata seperti yang telah Rasulullah lakukan pada perang badar, uhud, ahzab, dll. tujuanya menegakan kalimah Allah
  2. Jihad maknawi adalah setiap perbuatan yang dapat meninggikan kalimah Allah, dan ini sangat luas sekali makananya
    1. Berdakwah menegakan amar ma’ruf nahyi munkar, mengingatkan orang-orang disekeliling kita yang berbuat kesalahan dan kemaksiatan, ini juga merupakan jihad
    2. Seorang bapak yang berjihad mencari nafkah seharian penuh bahkan sampai larut malam untuk menghidupi keluarganya itu juga merupakan jihad.
    3. Seorang siswa yang sedang belajar itupun berjuang dijalan allah
    4. Seorang wartawan yang yang sedang mencari berita baik, itu juga jihad
    5. Seorang politikus yang sedang berjuang membuat undang-undang itu juga jihad
    6. Para penyelenggara Negara dari mulai presiden sampai RT mereka pun sedang berjihad dijalan Allah

Akhirnya mari kita bersama-sama berjuang dijalan Allah sesuai dengan kemapuan kita masing-masing dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab, supaya kita semua dapat bersinergi dalam menegakan kalimah Allah khusunya di negri kita umumnya di dunia.

Karena Allah telah menjanjikan kebahagiaan bagi yang berjuang dijalan Allah yaitu kebahagiaan diakhirat yang telah digambarkan Allah dalam surat attaubah ayat 21, Allah akan memberikan kabar gembira dengan rahamatNya, keridhaannya, serta surgaNya yang indahnya dan sulit kita gambarkan

Semoga kita semua dapat berjihad dijalan Allah dan meninggal karenanya, dan semoga Allah memberikan syahid karena tidak ada balasannya kecuali surganya

Wallahu A’lam…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s